Thursday, October 16, 2014

Langkah tepat menutup kartu kredit



Kartu kredit adalah “benda ajaib” yang kini dimiliki banyak orang karena menawarkan banyak kemudahan bagi pemiliknya. Tanpa membawa uang tunai, dengan kartu kredit Anda dapat membeli apapun yang diinginkan. Selain itu, banyak kartu kredit yang menawarkan fasilitas potongan harga yang sering membuat kita tergoda. 

Namun, Anda tetap harus bijak dalam menggunakan kartu kredit Jangan sampai Anda tidak bisa membayar tagihan kartu kredit akibat transaksi yang over-limit. Dengan penggunaan yang bijak, Anda akan merasakan keuntungannya. Jika terlilit utang karena tak bisa membayarnya, maka Anda akan mengalami kerugian. 

Walaupun banyak keuntungan dan kemudahan yang ditawar
kan dari kartu kredit, sebaiknya Anda hanya menggunakan kartu kredit dalam keadaan terdesak. Namun, jika Anda termasuk orang yang tidak tahan terhadap godaan, sebaiknya tutup kartu kredit Anda. Selain untuk menghindari pengeluaran yang semakin membengkak, menutup kartu kredit akan membuat Anda terhindar dari jeratan bunga yang sangat tinggi dan meningkatkan nilai kredit Anda di bank. 

Berikut cara yang tepat untuk menutup kartu kredit: 
1. Lunasi seluruh tagihan 
Jika masih mempunyai tunggakan di kartu kredit, sebaiknya lunasilah terlebih dahulu. Cara ini merupakan cara terbaik yang bisa memudahkan Anda berurusan dengan pihak bank. Namun, jika Anda tak sanggup membayar semua tagihan di kartu kredit Anda, sebaiknya lunasi terlebih dahulu tagihan kartu kredit yang memiliki bunga rendah. 

2. Menelepon bank 
Setelah memutuskan menutup kartu kredit, langsung telepon customer service bank yang bersangkutan. Pada saat ini, Anda tidak tergoda terhadap bujukan petugas bank untuk tidak menutup kartu kredit. 

Tanyakanlah kapan tanggal penutupan kartu kredit berlaku efektif dan klarifikasi jika ada biaya tambahan sebelum penutupan kartu kredit. Anda juga bisa meminta penutupan kartu tersebut melalui surat yang dikirim pihak bank. 

3. Cek dokumen terkait 
Sebelum menutupnya, bacalah terlebih dahulu prosedur penutupan kartu kredit dan kemungkinan penalti yang dikenakan sebelum menutup kartu kredit. Jika Anda belum terlalu lama memiliki kartu kredit tersebut, maka bisa dikenakan biaya penutupan di luar jangka yang ditetapkan. 

4. Batalkan pembayaran otomatis 
Sebelum menutup akun, sebaiknya Anda membuka situs bank terkait dengan membatalkan seluruh pembayaran otomatis tagihan atau pemindahan rekening yang telah diatur secara otomatis ke kartu kredit. Jika tidak, maka Anda akan berurusan dengan pihak bank mengenai dokumen terkait penutupan kartu kredit. 

5. Minta konfirmasi tertulis 
Sebaiknya meminta petugas bank untuk mengirimkan surat konfirmasi mengenai permintaan penutupan dan tanggal efektif penutupan kartu kredit Anda. Jika kartu kredit sudah ditutup tapi masih ada tagihan, maka Anda bisa menunjukkan bukti tertulis tersebut. 

Dengan melakukan langkah tepat di atas, selain proses lebih cepat juga dapat menghindarkan Anda terkena biaya tambahan. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment